Surat Pernyataan Pengalihan Hak Tanah: Panduan Lengkap dan Contoh Format Terbaru

Selamat datang di formatadministrasidesa.com, sumber terpercaya untuk berbagai contoh format surat dan administrasi desa. Kami memahami betapa pentingnya memiliki panduan yang jelas dan sahih dalam proses administratif, terutama dalam konteks ini terkait dengan aspek tanah dan properti.

Artikel ini ditujukan untuk memberikan pemahaman yang mendalam mengenai Surat Pernyataan Pengalihan Penguasaan Hak atas Tanah disertai dengan Kompensasi. Dengan merinci pengertian, proses, dan rincian yang tercakup dalam surat pernyataan tersebut, kami berharap dapat membantu pembaca memahami betapa pentingnya dokumentasi resmi dalam transaksi properti tanah.

Daftar Isi:

Pengertian

Surat Pernyataan Pengalihan Penguasaan Hak atas Tanah disertai dengan Kompensasi

adalah dokumen yang digunakan untuk mencatat secara resmi bahwa suatu hak atas tanah akan dialihkan dari satu pihak ke pihak lain, dan dalam proses tersebut, pihak yang kehilangan hak tersebut akan menerima sejumlah kompensasi sebagai ganti rugi.

Pengalihan Penguasaan Hak atas Tanah

merujuk pada perubahan kepemilikan atau kontrol atas tanah dari satu individu atau entitas ke individu atau entitas lainnya.

Kompensasi

merujuk pada pembayaran atau penggantian nilai yang diberikan kepada pemilik asli tanah yang kehilangan haknya.

Surat pernyataan ini mencakup rincian seperti identitas pihak yang terlibat, deskripsi properti tanah yang dialihkan, jumlah kompensasi yang diberikan, dan persetujuan dari kedua belah pihak yang terlibat. Tujuannya adalah untuk menciptakan catatan resmi dan sah mengenai transaksi ini, serta sebagai bukti bahwa pemilik asli tanah setuju untuk melepaskan haknya dengan imbalan kompensasi yang telah disepakati.

Surat pernyataan ini adalah salah satu jenis dokumen surat tanah yang kerap digunakan oleh masyarakat dalam hubungannya dengan peralihan/pengalihan kepemilikan hak atas sebidang tanah, bangunan (rumah) dan benda-benda di atas-nya. Surat ini berisi pernyataan-pernyataan masing-masing pihak, yakni: Pihak Pertama adalah Pihak yang mengalihkan penguasaan tanah dan Pihak Kedua adalah Pihak yang menerima pengalihan penguasaan tanah.

Sistem perjanjian dalam pengalihan tanah ini menggunakan sistem pemberian kompensasi ganti rugi. Pihak Kedua akan memberi sejumlah uang kepada Pihak Pertama sesuai kesepakatan/perjanjian. Penyerahan uang kompensasi ini kemudian disahkan dengan Kuitansi Pembayaran yang menjadi Lampiran dari Surat Pernyataan ini. (Cek juga: Contoh Kwitansi Desa).

Ilustrasi Seorang Kepala Desa yang sedang memegang Surat Pernyataan Pengalihan Penguasaan Hak atas Tanah disertai dengan Kompensasi
Gambar: Ilustrasi Seorang Kepala Desa yang sedang memegang Surat Pernyataan Pengalihan Penguasaan Hak atas Tanah disertai dengan Kompensasi

Cek juga: Contoh Surat Pernyataan Sanggup Bertempat Tinggal di Desa

Contoh Format Surat Pernyataan Pengalihan Penguasaan Hak atas Tanah disertai dengan Kompensasi

Contoh Format Surat Pernyataan Pengalihan Penguasaan Hak atas Tanah disertai dengan Kompensasi terbaru, format Doc/Word dan PDF
Gambar : Contoh Format Surat Pernyataan Pengalihan Penguasaan atas Tanah disertai dengan Kompensasi terbaru

Agar lebih terstruktur dan memudahkan anda, berikut ini merupakan cuplikan contoh format surat penyataan pengalihan/peralihan hak atas tanah dan bangunan, serta benda-benda di atasnya:

          SURAT PERNYATAAN PENGALIHAN PENGUASAAN HAK ATAS TANAH DISERTAI DENGAN KOMPENSASI


Yang bertanda tangan dibawah ini :
    I. Nama                  : Laode Muhamad Yusuf Mahdi
       Tempat, Tanggal Lahir : 
       Kewarganegaraan       : Indonesia
       Pekerjaan             : Guru
       Alamat                : Desa Banga, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah, Provinsi Sulawesi Tenggara

Selaku pihak yang menguasai sebidang tanah yang terletak di Desa Polindu, Kelurahan Mawasangka, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah, Provinsi Sulawesi Tenggara seluas ..... m x ... m = .... m2 (......................................... Meter Persegi) dengan batas-batas sebagai berikut :
       Sebelah Barat         : Laosi
       Sebelah Timur         : Indra Bakti
       Sebelah Utara         : Dewi Sartika
       Sebelah Selatan       : Andi Firmansyah

Selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA atau pihak yang mengalihkan penguasaan tanah.
   II. Nama                  : Endang
       Tempat, Tanggal Lahir : 
       Kewarganegaraan       : Indonesia
       Pekerjaan             : Petani
       Alamat                : Desa Banga, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah, Provinsi Sulawesi Tenggara

Selanjutnya disebut PIHAK KEDUA atau pihak yang menerima pengalihan penguasaan tanah.

Pihak-Pihak ini dengan ini menyatakan :

    a. PIHAK PERTAMA dengan ini mengalihkan segala hak dan kepentingan atas bidang tanah tersebut beserta benda-benda diatasnya, dan PIHAK KEDUA menerima pengalihan penguasaan bidang tanah tersebut beserta benda-benda diatasnya dengan cara pemberian kompensasi ganti rugi kepada PIHAK PERTAMA.
    
    b. Pembayaran uang kompensasi ganti kerugian untuk pengalihan segala hak dan kepentingan atas sebidang tanah beserta benda-benda diatasnya sebagaimana tersebut pada butir a, telah disepakati dan ditetapkan oleh kedua belah pihak sebesar Rp. ...........,- (............................ Rupiah ), jumlah uang tersebut telah diterima oleh PIHAK PERTAMA dan surat pernyataan ini berlaku pula sebagai tanda bukti penerimaan ( Kwitansi ).
    
    c. PIHAK PERTAMA menjamin PIHAK KEDUA bahwa :
       1) Hanya pihak yang berhak, berwenang untuk melakukan pengalihan penguasaan atas bidang tanah tersebut
       2) Tanah tersebut tidak terkena sitaan dan tidak tersangkut dengan satu perkara atau sengketa dengan pihak lain.
       3) Tanah tersebut tidak dijaminkan dengan cara apapun juga kepada orang atau pihak lain
       4) Tidak ada pihak lain yang mempunyai satu hak apapun juga atas tanah tersebut
       5) PIHAK PERTAMA menjamin kepada PIHAK KEDUA baik sekarang maupun dikemudian hari bahwa PIHAK KEDUA tidak akan mendapat tuntutan atau gugatan apapun dari siapapun juga mengenai tanah-tanah tersebut dan PIHAK PERTAMA dengan ini membebaskan PIHAK KEDUA dari segala tuntutan dan gugatan dari pihak lain adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab PIHAK PERTAMA.
       6) Semua pajak dan lain-lain kewajiban yang berkenan dengan bidang tanah-tanah tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab PIHAK PERTAMA sampai dengan hari dan tanggal dibuatnya surat pernyataan ini.
       7) PIHAK PERTAMA menyerahkan surat-surat yang berkenan dengan bidang tanah tersebut bagi kepentingan PIHAK KEDUA dan dengan demikian surat-surat tersebut tidak berlaku lagi bagi kepentingan PIHAK PERTAMA.
       8) Bilamana terdapat perbedaan ukuran luas tanah yang disebut dalam surat pernyataan ini dengan hasil pengukuran yang dilakukan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Buton Tengah dengan tidak memperhitungkan kembali kompensasi yang telah disepakati dan tidak akan melakukan gugatan dalam bentuk apapun.
       9) Kedua belah pihak dalam hal ini dengan segala akibatnya memilih tempat kediaman hukum yang umum dan tidak berubah (domisili) pada Kantor Panitera Pengadilan Negeri .................

Dengan demikian surat pernyataan ini dibuat rangkap 2 (dua) dan ditandatangani diatas kertas bermaterai cukup sebagai aslinya, untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.    
  
                                                                     Banga, ...............                  
       PIHAK KEDUA                                                   PIHAK PERTAMA



       Endang                                                        Laode Muhamad Yusuf Mahdi


                                          Saksi-Saksi :
    1. Laosi                                                         (                 )
   
    2. Indra Bakti                                                   (                 )
   
    3. Dewi Sartika                                                  (                 )


                                   Nomor   :
                                   Tanggal :

                                Disaksikan dan Dibenarkan oleh :
                                           KEPALA DESA


                                   ...........................

Cek juga: Contoh Format Surat Perjanjian Jual Beli Tanah

Jika ada membutuhkan contoh surat tanah ini. Kebetulan Kami memiliki 2 contoh filenya. Selengkapnya berikut ini link download contoh format surat penyataan pengalihan penguasaan atas hak atas tanah dan bangunan (rumah) dalam bentuk format Doc (Word) dan PDF. Silahkan Anda download gratis (free) pada link download dibawah ini:


DOWNLOAD SURAT KETERANGAN DOMISILI selengkapnya:


[info title="SHARE, lalu DOWNLOAD GRATIS!!!" icon="info-circle"]Untuk membuka link download contoh SURAT PERNYATAAN TANAH ini secara otomatis, silahkan tekan LIKE (SUKA) untuk FACEBOOK atau klik POSTINGAN/SHARE/TWEET untuk TWITTER (X) dibawah ini!!!
Setelah Anda membagikan konten ini di media sosialmu, maka secara otomatis link downloadnya akan terbuka/muncul. Maka pada saat itu, Anda tinggal download filenya. SELESAI!!!

Jika masih bingung, lihat video panduan ini : CARA MEMBUKA LINK DOWNLOAD YANG TERKUNCI DI BLOG FORMAT ADMINISTRASI DESA atau jika Anda tidak ingin repot, bisa PESAN FILE ke kami agar kami kirimkan.

Ketentuan terbaru di atas, silahkan dibaca dengan seksama. Terima kasih!!![/info][lock] [lock] [/lock]


Silahkan download file contoh surat pernyataan pengalihan hak atas sebidang tanah tersebut. Jika ada kendala dalam proses download. Silahkan hubungi Kami melalui berbagai saluran Kontak Kami yang tersedia di web blog ini.

Untuk contoh surat pernyataan atau surat administrasi lainnya. Silahkan cari sesuai dengan apa yang Anda cari. Ada ratusan contoh format yang dapat Anda unduh dengan mudah dan gratis di Website www.formatadministrasidesa.com ini.

Sebagai pengelola formatadministrasidesa.com, kami telah mengumpulkan beragam format administrasi desa selama bertahun-tahun. Pengalaman kami dalam menyediakan panduan administrasi yang akurat dan bermanfaat telah mendukung masyarakat, termasuk dalam hal pengalihan penguasaan hak atas tanah. Kami merasa memiliki otoritas dalam menyediakan informasi terkini dan format dokumen administrasi yang sah.

Demikian contoh/format Surat Pernyataan Pengalihan Penguasaan Atas Tanah Disertai Dengan Kompensasi. Artikel ini adalah tanggapan atas permintaan Pak Rusdi dari wilayah Kabupaten Bandung Barat. Terima kasih atas kunjungan Anda di formatadministrasidesa.com, tempat terpercaya untuk kebutuhan administrasi desa Anda. Semoga bermanfaat.

Cek juga:

Tag terkait:

  • surat pernyataan pengalihan penguasaan atas tanah disertai dengan kompensasi
  • surat pernyataan pengalihan penguasaan atas sebidang tanah
  • contoh surat pernyataan serah terima penguasaan atas sebidang tanah
  • surat pernyataan pengalihan tanah
  • contoh surat pernyataan pengalihan tanah
  • surat pernyataan penyerahan hak atas tanah
  • surat pernyataan pemindahan hak atas tanah dan bangunan
  • surat pernyataan peralihan hak atas tanah
  • surat pernyataan pengalihan kepemilikan hak atas sebidang tanah
  • surat pernyataan perjanjian pengalihan tanah
  • contoh surat pengalihan kuasa
Terima kasih telah membaca artikel di Web-Blog FORMAT ADMINISTRASI DESA yang berjudul: Surat Pernyataan Pengalihan Hak Tanah: Panduan Lengkap dan Contoh Format Terbaru. Konten tersebut mengulas tentang Temukan panduan lengkap Surat Pernyataan Pengalihan Hak atas Tanah disertai kompensasi. Download contoh format Doc (Word)/PDF #SuratPernyataanTanah.

Silahkan bagikan artikel ini ke media sosial kamu, jika memang dirasa dapat memberi manfaat kepada orang lain. Terima kasih!
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget