TENTANG

Apa itu Format Administrasi Desa?

Format Administrasi Desa adalah situs web yang menyediakan informasi dan referensi terkait administrasi desa dan surat menyurat. Dimana pengguna dapat mengunduh dokumen dengan berbagai format.

Dalam perkembangannya, situs ini telah melakukan berbagai inovasi dan penyempurnaan untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pengunjungnya. Format Administrasi Desa menawarkan beberapa fitur dan layanan di dua platform unik:

  • Format Administrasi Desa™: menyediakan akses ke ribuan contoh dokumen administrasi pemerintahan desa, buku desa, surat menyurat, dan konten referensi lainnya dengan berbagai format. Memungkinkan pengguna untuk mengunduh dan menggunakan dokumen administrasi desa secara praktis.
  • Surato™: menawarkan layanan pembuatan surat berbasis web-form dan web-chat. Memungkinkan pengguna untuk membuat surat secara otomatis melalui platform web dengan bantuan formulir dan obrolan (chat)
Tampilan Format Administrasi Desa di Berbagai Perangkat

Visi Kami

Menjadi Platform Referensi Unggulan sebagai Upaya Mewujudkan Desa Cerdas melalui Pemanfaatan Teknologi dan Informasi yang Mudah Diakses

Misi Kami

  1. Mengumpulkan, menyusun, dan menyediakan sumber referensi terlengkap mengenai administrasi desa dengan fokus pada teknologi dan informasi yang cerdas
  2. Mengimplementasikan teknologi terkini dalam penyajian informasi dan panduan praktis guna meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan administrasi desa
  3. Memastikan bahwa setiap warga desa dapat dengan mudah mengakses dan memanfaatkan informasi administrasi melalui berbagai sarana teknologi, tanpa hambatan apapun
  4. Memberdayakan masyarakat desa melalui program pendidikan dan pelatihan terkait teknologi dan informasi, agar mereka dapat mengoptimalkan manfaatnya untuk pembangunan desa
  5. Mendorong kolaborasi antar desa dan mendukung pertukaran pengetahuan serta pengalaman dalam pemanfaatan teknologi dan informasi untuk kemajuan desa
  6. Berkomitmen pada inovasi berkelanjutan dalam penyediaan informasi, agar "FORMAT ADMINISTRASI DESA" selalu relevan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan desa

Lahirnya Sebuah Nama, Lahirnya Sebuah Cerita

Pada suatu malam yang hening, di sebuah desa terpencil bernama Desa Batuatas Barat, Kecamatan Batuatas, Kabupaten Buton Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara, Laode Muhamad Fiil Mudawat duduk di ruang kecilnya, merenung tentang tantangan yang dihadapi desanya. Meskipun penuh semangat untuk melayani masyarakat, ia merasakan betapa minimnya referensi terkait administrasi desa. Belantara internet yang luas, ia telah coba jelajahi, namun ternyata krisis informasi yang dibutuhkan bagi desa-desa membuatnya makin gelisah.

Tiba-tiba, dalam momen inspirasi yang menerangi ruang kecilnya, ia berpikir untuk mengubah kegelisahannya menjadi sesuatu yang bermanfaat. Ia bermimpi tentang sebuah platform yang akan menjadi sumber referensi utama untuk administrasi desa. Sebuah tempat di mana para Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, Lembaga Kemasyarakatan Desa, dan masyarakat umum dapat dengan mudah mengakses contoh dokumen administratif dan referensi penting. Maka keesokannya harinya, tepat pada tanggal 12 Februari 2018 bertempat di Jl. Jenderal Sudirman No 72, Kompleks Hotel Ferdian, Kelurahan Mawasangka, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah, Provinsi Sulawesi Tenggara dengan penuh semangat dan tekad, Format Administrasi Desa pun lahir.

Dimulai dari sebuah situs blogspot dengan nama yang sederhana, "format-administrasi-desa.blogspot.com". Di situ, ia berbagi pengalaman selama menjabat di pemerintahan desa, pengetahuannya, dan template dokumen administrasi desa yang dapat didownload oleh siapa pun yang membutuhkannya.

Seiring berjalannya waktu, situs yang ia dirikan ini semakin berkembang dan mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan. Pada tahun 2022, ia memberanikan diri untuk melakukan rebranding, memberi wajah baru pada situsnya dengan alamat "formatadministrasidesa.com". Ini adalah langkah besar yang menandakan komitmen untuk menjadikan situs ini sebagai platform referensi unggulan dalam upaya mewujudkan Desa Cerdas (Smart Village) melalui pemanfaatan teknologi dan informasi yang mudah diakses oleh masyarakat luas.

Hingga hari ini, Format Administrasi Desa terus berkembang, menjelma menjadi narasi hidup sebuah entitas yang lahir dari kesungguhan, tumbuh bersama kebersamaan, dan membawa legacy positif bagi masyarakat desa di seluruh penjuru Nusantara. Format Administrasi Desa bukan hanya milik satu entitas, melainkan sebuah warisan untuk diteruskan, dikembangkan, dan diadaptasi sesuai konteks masing-masing desa. Dengan begitu, setiap desa memiliki kesempatan untuk menuliskan cerita keberhasilan mereka sendiri dalam menyusun administrasi yang berkualitas. Format Administrasi Desa bukan hanya sebuah nama, melainkan cikal bakal perubahan inovatif bagi masa depan desa-desa di seluruh pelosok tanah air yang akan terus ditulis bab demi babnya.

Sejarah Singkat Format Administrasi Desa

Februari 2018

Format Administrasi Desa memulai perjalanannya dengan meluncurkan platform penyediaan referensi desa, memungkinkan semua lapisan masyarakat dapat mengunduh dokumen dengan mudah.

Januari 2019

Format Administrasi Desa berinovasi dengan melakukan ujicoba aplikasi surat sederhana berbasis web-chat dan web-form, memungkinkan pengguna untuk membuat surat secara otomatis.

Januari 2020

Melakukan terobosan dalam model bisnis, Format Administrasi Desa mengintegrasikan model "share-download" berbasis CMS Blogger pertama di Indonesia, mewajibkan pengguna membagikan artikel sebagai prasyarat mengunduh file dokumen.

Maret 2020

Merespon penyebaran COVID-19, Format Administrasi Desa menawarkan akses gratis ke semua kontennya untuk membantu masyarakat desa melewati masa ketidakpastian yang dihadapi.

Januari 2022

Format Administrasi Desa memperkenalkan opsi layanan "Pesan File", memberikan pengguna akses ke semua referensi yang dibutuhkan tanpa perlu mengunduh satu per satu - semuanya dengan biaya yang terjangkau.

Desember 2023

Format Administrasi Desa mencapai tonggak sejarah dengan memperkenalkan teknologi Mesin Penelusuran Cerdas berbasis CMS Blogger pertama di Dunia, memungkinkan pengguna untuk menemukan referensi dengan sangat cepat dan mudah.

Januari 2024

Format Administrasi Desa mengintegrasikan layanan kontribusi pengguna, memungkinkan pengguna memberi kontribusi pendanaan secara sukarela demi pengembangan web Format Administrasi Desa.

Testimoni dan Ulasan

[2column] [content]
Review Format Administrasi Desa di Google
Klik untuk Review Format Administrasi Desa di Google
[/content] [content]
Review Format Administrasi Desa di Bing
Klik untuk Review Format Administrasi Desa di Bing
[/content] [/2column]

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Bagaimana cara mengakses informasi di Web Format Administrasi Desa?

Cara mengakses informasi di Web Format Administrasi Desa sangat mudah. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Situs Resmi:

    Akses situs resmi Format Administrasi Desa dengan memasukkan alamat https://www.formatadministrasidesa.com di browser Anda. Alternatifnya, Anda bisa juga membuka mesin pencari favorit Anda (seperti Bing, Google, atau Yahoo), lalu ketikkan kata kunci "format administrasi desa" atau "formatadministrasidesa.com" di kotak pencarian.

  2. Jelajahi Konten:

    Setelah masuk ke situs, jelajahi berbagai kategori dan halaman untuk menemukan informasi yang Anda cari. Gunakan kotak pencarian internal atau menu navigasi utama di bagian atas halaman untuk mencari topik tertentu.

  3. Download Dokumen:

    Jika Anda mencari dokumen administrasi, Anda dapat mendownloadnya langsung dari situs. Pastikan untuk mengikuti petunjuk download ini.

Siapa yang bisa menggunakan layanan ini?

Siapa pun dapat menggunakan layanan Format Administrasi Desa. Layanan ini dirancang untuk melayani berbagai pemangku kepentingan di tingkat desa, termasuk:

  1. Kepala Desa: Untuk mendapatkan referensi dan contoh dokumen administrasi yang diperlukan dalam tugas sehari-hari mereka.
  2. Perangkat Desa: Menyediakan sumber daya dan panduan administrasi yang dapat membantu dalam menjalankan operasional harian desa.
  3. Badan Permusyawaratan Desa (BPD): Memahami prosedur administrasi dan dokumentasi yang diperlukan dalam mendukung fungsi BPD.
  4. Lembaga Kemasyarakatan Desa: Menyediakan informasi dan template yang berguna untuk lembaga-lembaga seperti Karang Taruna, PKK, LPM, Posyandu, Kelompok Tani, dan lainnya.
  5. Masyarakat Umum: Orang-orang yang tertarik atau terlibat dalam urusan administrasi desa, seperti warga desa yang ingin memahami prosedur atau persyaratan tertentu.

Dengan demikian, layanan ini bersifat inklusif dan dapat diakses oleh siapa saja yang membutuhkan panduan administrasi di tingkat desa/kelurahan.

Apa saja keuntungan/manfaat dari penggunaan Web Format Administrasi Desa?

Penggunaan Web Format Administrasi Desa memberikan berbagai keuntungan/manfaat bagi pemangku kepentingan di tingkat desa. Beberapa di antaranya meliputi:

  • Referensi Dokumen: Menyediakan referensi dokumen administratif yang lengkap dan terstruktur untuk membantu desa dalam menyusun berbagai jenis dokumen.
  • Efisiensi Waktu: Mempercepat proses penyusunan administrasi dengan menyediakan contoh dokumen yang dapat diunduh dan disesuaikan sesuai kebutuhan.
  • Peningkatan Kualitas Dokumen: Membantu desa dalam menyusun dokumen dengan kualitas yang baik sesuai dengan standar administrasi yang berlaku.
  • Aksesibilitas: Memudahkan akses informasi administratif bagi semua pihak yang terkait, termasuk masyarakat umum, melalui platform online yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja.
  • Up-to-Date: Menyajikan informasi terkini terkait regulasi dan kebijakan administrasi desa untuk menjaga keberlanjutan dan kesesuaian dokumen.
  • Penyampaian Informasi yang Jelas: Memberikan panduan dan penjelasan yang jelas terkait setiap jenis dokumen administratif, memudahkan pemahaman bagi pengguna.

Dengan demikian, penggunaan Web Format Administrasi Desa diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas administrasi desa dan mendukung tercapainya visi misi kami.

Apa persyaratan untuk mendownload dokumen administratif dari situs ini?

Untuk mendownload dokumen administratif dari situs Format Administrasi Desa, pengguna perlu memenuhi beberapa persyaratan berikut:

  • Akses Internet: Pastikan Anda memiliki akses internet yang stabil untuk mengunjungi situs dan mendownload dokumen.
  • Akun Pengguna (Opsional): Meskipun sebagian besar dokumen dapat didownload tanpa akun, untuk beberapa konten tertentu, mungkin diperlukan pembuatan akun pengguna.
  • Kesesuaian Penggunaan: Pastikan penggunaan dokumen sesuai dengan ketentuan penggunaan yang berlaku di situs Format Administrasi Desa.
  • Perangkat Kompatibel: Gunakan perangkat yang kompatibel dengan situs, seperti komputer, laptop, tablet, atau ponsel pintar.
  • Software Dukungan: Pastikan perangkat Anda dilengkapi dengan perangkat lunak yang mendukung format dokumen yang akan diunduh.

Dengan memenuhi persyaratan di atas, pengguna dapat dengan mudah mengakses dan mendownload dokumen administratif yang dibutuhkan dari situs ini.

Bagaimana saya bisa berkontribusi atau berkolaborasi dengan Format Administrasi Desa?

Anda dapat berkontribusi atau berkolaborasi dengan Format Administrasi Desa melalui beberapa cara berikut:

  1. Bagikan Pengalaman: Bagikan pengalaman dan pengetahuan Anda tentang administrasi desa melalui artikel, tutorial, atau tips yang dapat bermanfaat bagi pengunjung situs.
  2. Kirim Dokumen/Tulisan: Jika Anda memiliki contoh dokumen administratif yang berkualitas, Anda dapat mengirimkannya untuk dibagikan kepada masyarakat desa lainnya. Pastikan dokumen tersebut dapat didownload dan digunakan secara gratis.
  3. Beri Masukan: Beri masukan atau saran untuk meningkatkan kualitas situs Format Administrasi Desa. Saran dapat berupa fitur baru, perbaikan halaman error/tata letak, atau topik administrasi desa yang perlu ditambahkan.
  4. Ikuti Media Sosial: Terhubunglah melalui media sosial Format Administrasi Desa untuk mendapatkan informasi terkini dan berpartisipasi dalam diskusi online.
  5. Donasi: Jika Anda ingin mendukung pengembangan situs ini, Anda dapat memberikan donasi melalui mekanisme yang telah disediakan.

Untuk informasi lebih lanjut atau untuk mengajukan kontribusi, hubungi tim Format Administrasi Desa melalui berbagai saluran kontak ini.

Buku Administrasi Desa apa saja yang disediakan di situs ini?

Antara lain: Administrasi Umum, Administrasi Penduduk, Administrasi Keuangan, Administrasi Pembangunan, dan Administrasi Lainnya sesuai Permendagri 47 Tahun 2016. (Selengkapnya lihat di artikel ini: Buku Administrasi Pemerintahan Desa

Dimana alamat domisili web Format Administrasi Desa saat ini?

Saat ini alamat domisili web Format Administrasi Desa di Jl. Jenderal Sudirman No 72, Kompleks Hotel Ferdian, Kelurahan Mawasangka Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah, Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93762, Indonesia. (Cek: Google Map)

Bagaimana cara mendapatkan pembaruan terbaru dari Web Format Administrasi Desa?
  1. Berlangganan Newsletter: Format Administrasi Desa memiliki fitur berlangganan newsletter, Anda dapat mendaftar gratis agar mendapatkan pembaruan langsung melalui email.
  2. Ikuti Media Sosial: Seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Instagram, dll. Pastikan untuk mengikuti akun media sosial resmi web Format Administrasi Desa tersebut untuk mendapatkan pembaruan terbaru.
  3. Periksa Situs Secara Berkala: Cek situs secara langsung secara berkala untuk melihat apakah ada pembaruan terbaru. Hal ini dapat dilakukan dengan mengunjungi situs web secara langsung atau menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi terkini.
  4. Gunakan Google News: Anda dapat mengikuti Google News situs ini, untuk mengikuti pembaruan konten tanpa perlu mengunjungi situs web secara manual.

Pastikan untuk memeriksa situs web Format Administrasi Desa atau menghubungi beragam saluran kontak yang tersedia untuk mengetahui opsi pembaruan yang tersedia.

[full-post]
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget