Contoh Struktur Organisasi RT dan Tugasnya yang benar | FORMAT ADMINISTRASI DESA -->

Contoh Struktur Organisasi RT dan Tugasnya yang benar

#Struktur RT  Rukun Tetangga atau biasanya disingkat RT adalah salah satu organisasi/lembaga kemasyarakatan Desa (LKD) sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa. Yang menjadi pertanyaan kemudian adalah:
Bagaimana sebenarnya bagan struktur organisasi RT dan Tugasnya yang benar dan terbaru sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku?  ✅  Dan bagaimana cara membuat struktur organisasi RT yang baik sesuai tugas dan fungsinya secara aplikatif?
Dari beberapa pertanyaan itu, Blog format-administrasi-desa.blogspot.com akan mencoba menjawab sembari nantinya Kami akan membagikan contoh gambar struktur organisasi RT beserta bagan (chart) yang dapat Anda download, baik itu format JPG maupun PDF. Baik itu pada tingkat RT di Desa maupun RT di Kelurahan. Untuk format Doc (Word) maupun Excel (Xls) akan Kami perbaharui pada kesempatan berikutnya.

Berikut ini susunan pengurus organisasi RT (Rukun Tetangga), diantaranya:
  • Ketua RT
  • Wakil Ketua RT
  • Sekretaris RT
  • Wakil Sekretaris RT
  • Bendahara RT
  • Seksi Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial
  • Seksi Keamanan dan Lingkungan Hidup
  • Seksi Pemberdayaan Perempuan Tata Laksana Rumah Tangga
  • Seksi Pemuda, Olahraga dan Seni Budaya
Namun sebelum sampai disitu. Ada beberapa fakta yang Kami himpun sebelum artikel ini Kami publish.

Apa saja itu?

Hasil pantau Blog Format-Administrasi-Desa.blogspot.com menunjukan sudah banyak website yang membahas contoh struktur kepengurusan RT beserta tugas dan fungsinya dan cara membuat/menyusunnya. Baik itu oleh Website Desa, maupun Website Personal lainnya. Seperti website Brainly, dan lain-lain.

Lantas, mengapa Kami memposting dan membahas ini? Pertama, ada permintaan (request) dari Sobat Desa. Kedua, dasar hukum struktur organisasi RT telah berubah, yang terbaru diatur melalui Permendagri 18/2018. 

Cek juga: Contoh Struktur Organisasi RW dan Tugasnya

Berikut ini ulasan (review) dan preview nya:

Contoh Bagan Struktur Organisasi RT beserta Tugas dan Fungsinya

Apakah Anda mencari contoh bagan struktur organisasi RT beserta tugas dan fungsinya (Tupoksi) terbaru?

Cek juga:
Berikut ini cuplikan gambar struktur RT yang benar dan baik sesuai Permendagri no. 18 Tahun 2018:
Contoh Bagan Struktur Organisasi RT yang benar
Contoh Bagan Struktur Organisasi RT dan Tugasnya yang benar

Okay, bagi Sobat Desa yang membutuhkan contoh format bagan struktur kepengurusan organisasi RT tingkat Desa/Kelurahan dalam bentuk format PDF. Silahkan download gratis pada link download berikut ini:

Doownload Contoh Struktur RT. PDF

Untuk format Doc (Word) akan Kami update nanti.
Sekedar info: File bagan struktur tersebut diolah dari dokumen publikasi Fanspage Padepokan Desa yang dikelola oleh Mas Nur Rozuqi.

Apa Tugas Pengurus RT?

Pengurus RW (Rukun Warga) menurut Pasal 7 ayat (1) Permendagri 18/2018 bertugas:
  • membantu Kepala Desa dalam bidang pelayanan pemerintahan;
  • membantu Kepala Desa dalam menyediakan data kependudukan dan perizinan; dan
  • melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Desa.
Keterangan: Selain mengacu pada Permendagri 18/2018 dan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, sebagai penegasan/penjabaran tugas dan fungsi (Tupoksi) RT dapat menyesuaikan dengan Peraturan Bupati/Peraturan Walikota yang mengacu pada Permendagri tersebut. Yang mana dalam regulasi daerah tersebut mengatur apa tugas dan fungsi Ketua RT, Wakil Ketua RT, Sekretaris RT, Wakil Sekretaris RT, Bendahara RT, dan anggota-anggotanya. Atas dasar itu juga Pemerintahan Desa (Pemerintah Desa dan BPD) kemudian menetapkan Peraturan Desa tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) yang salah satu mengatur tentang tugas dan fungsi pengurus RT.

Cek juga:

Bagaimana Cara Membuat Struktur Organisasi RT

Cara membuat struktur organisasi RT sebenarnya tidak terlalu sulit, sepanjang kita mengetahui aturan mengenai struktur RT. Terlebih jika kita menguasai tool-tool atau aplikasi komputer yang dapat dioperasikan atau difungsikan untuk membuat bagan struktur pengurus RT ini. 

Cara Membuat Struktur Pengurus Organisasi RT dengan Microsoft Word

Sebagai contoh, Sobat Desa dapat menggunakan Microsoft Word untuk membuat bagan susunan pengurus RT secara sederhana yang dengan bagan tersebut memberikan gambaran hirarki organisasi RT.

Bagaimana cara membuat bagan struktur organisasi RT dengan mudah di Microsoft Word 2010?

Berikut ini langkah-langkah membuat bagan struktur organisasi RT dengan MS Word 2010:
  1. Pada Tampilan Microsoft Word, pilih dan klik menu INSERT
  2. Setelah menu INSERT dipilih, maka akan muncul beberapa pilihan. Lalu pilih dan klik SMARTART yang secara otomatis akan muncul tampilan DIAGRAM GALLERY dengan beberapa fitur chart yang dapat digunakan.
  3. Pada tampilan DIAGRAM GALLERY, pilih dan klik jenis diagram (select a diagram type). Langsung pilih saja icon ORGANIZATION CHART (Bagan Organisasi) yang memang fungsinya digunakan untuk menunjukan hubungan hirarki (used show to hierarchical relationships)
  4. Pada tampilan ORGANIZATION CHART, tambahan teks (click to add text) sesuai yang Anda ingin pada. Misalnya, Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan jabatan-jabatan lainnya.
  5. Sampai disini, Anda dapat mengembangkan sendiri desain, margin, ukuran kertas, dan lain-lain.
Cek juga: Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 di Microsoft Word agar Tidak Terpotong

Selain dengan Microsoft Word, sebenarnya masih banyak tips dan trik-trik lain yang dapat digunakan untuk dapat membuat struktur organisasi RT. Baik itu cara manual maupun otomatis (berbasis aplikasi). Cara ini berlaku juga untuk struktur organisasi lainnya seperti RW, Posyandu, LPM, Karang Taruna, Linmas, PKK, dan organisasi/lembaga-lembaga lainnya.

Untuk program kerja RT akan Kami uraikan nanti pada artikel selanjutnya.

Jika ulasan ini bermanfaat. Anda dapat MEMBAGIKAN gratis url artikel ini di Media Sosial Anda (Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, dan lain-lain) atau di Website Desa Anda. Dengan catatan Anda menyertakan sumber link menuju artikel ini secara do follow.

Demikian ulasan tentang Contoh Struktur Organisasi RT yang benar. Harapan Kami semoga ulasan dan contoh bagan struktur yang Kami sertakan tersebut dapat bermanfaat untuk Sobat Desa semua, khususnya para pengurus RT di Desa maupun Kelurahan.
Tags
Terima kasih telah membaca artikel di Web-Blog FORMAT ADMINISTRASI DESA yang berjudul: Contoh Struktur Organisasi RT dan Tugasnya yang benar. Konten tersebut mengulas tentang #Struktur RT ✅➽✅➽✅ Rukun Tetangga atau biasanya disingkat RT adalah salah satu organisasi/lembaga kemasyarakatan Desa (LKD) sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa. ✅➽✅➽✅ Yang menjadi pertanyaan kemudian adalah: Bagaimana sebenarnya bagan struktur organisasi RT yang benar dan terbaru sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku? ✅➽✅➽✅ Dan bagaimana cara membuat struktur organisasi RT yang baik sesuai tugas dan fungsinya secara aplikatif? Susunan pengurus RT dan tugasnya.

Silahkan share artikel ini ke media sosial kamu, jika memang dirasa dapat memberi manfaat kepada orang lain. Terima kasih!

Posting Komentar

Berkomentarlah Sepuas Anda, Santun dan Relevan BY ADMIN FORMAT ADMINISTRASI DESA

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget