Daftar Kode Rekening Pendapatan Desa, Belanja Desa Dan Pembiayaan Desa Dalam APBDes

Kode Rekening di APBDes 2019

Kode Rekening Pendapatan Desa, Belanja Desa dan Pembiayaan Desa dalam APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) sebelumnya telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, Namun saat ini kode rekening yang berlaku di desa untuk tahun anggaran 2019 dan tahun berikutnya harus mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Dalam Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tersebut, terjadi perubahan pada kode rekening bidang, sub bidang dan kegiatan di desa. Diharapkan kepada Pemerintah Desa agar dapat melakukan penyesuaian terhadap format/penomoran kode rekening baru tersebut.

Cek juga:
Dalam Pasal 10 Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, disebutkan bahwa :
"Pendapatan Desa, Belanja Desa, dan Pembiayaan Desa diberi kode rekening"
Untuk memudahkan teman-teman di desa mengenai seperti apa format kode rekening terbaru tersebut, Website FORMAT ADMINISTRASI DESA telah merumuskan format kode rekening bidang, sub bidang dan kegiatan dalam bentuk format excel (xls). Format Excel ini Kami anggap lebih mudah digunakan oleh Pemerintah Desa dalam membantu kelancaran kegiatan di desa, utamanya yang menyangkut peng-kode-an. 

Lihat Juga : Lembar Evaluasi APBDes Terbaru (New)

Lalu bagaimana dengan kode rekening siskeudes? Kalau untuk Kode Rekening APBDes 2018 dan tahun sebelumnya mengacu pada permendagri nomor 113 tahun 2014. Tapi untuk kode rekening APBDes tahun 2022 dan seterusnya mengacu pada permendagri nomor 20 tahun 2018. Meskipun sampai dengan artikel ini dibuat, Siskeudes 2019 belum dirilis, tapi kan patokan-nya pada aturan. Oke langsung aja ...

Berikut ini Daftar Kode Rekening Pendapatan Desa, Belanja Desa Dan Pembiayaan Desa (Berlaku Tahun Anggaran 2019-Tahun berikutnya) sesuai Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 dapat Anda download/unduh formatnya dibawah ini :




2. FORMAT KODE REKENING TERBARU. Xls (Excel)



Baca Juga :
Panduan Download Gratis Di Blog Format Administrasi Desa (PENTING)

Silahkan download/unduh dokumen format Daftar Kode Rekening Pendapatan Desa, Belanja Desa Dan Pembiayaan Desa dalam APBDes diatas. Jika ada kendala tolong beritahu Kami.

Lihat Juga : Perdes APBDes 2022 Disertai Lampiran (New)

Demikian artikel yang berjudul "Daftar Kode Rekening Pendapatan Desa, Belanja Desa Dan Pembiayaan Desa dalam APBDes" semoga dapat bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih sudah berkunjung. #KodeRekeningAPBDes
Terima kasih telah membaca artikel di Web-Blog FORMAT ADMINISTRASI DESA yang berjudul: Daftar Kode Rekening Pendapatan Desa, Belanja Desa Dan Pembiayaan Desa Dalam APBDes. Konten tersebut mengulas tentang KODE REKENING APBDES : #Kode Rekening Pendapatan Desa #Kode Rekening Belanja Desa #Kode Rekening Pembiayaan Desa.

Silahkan bagikan artikel ini ke media sosial kamu, jika memang dirasa dapat memberi manfaat kepada orang lain. Terima kasih!
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget