Tim Verifikasi RKP Desa : Contoh SK, Tugas, Unsur, Jumlah Anggota, dan Dokumen yang Diperiksa

DAFTAR ISI:

Pembentukan Tim Verifikasi RKP Desa

Pembentukan Tim Verifikasi RKP Desa dilakukan melalui forum Musyawarah Desa (Musdes) dalam rangka penyusunan RKP Desa. Dengan kata lain, pembentukan atau pengangkatan Tim Verifikasi RKP Desa merupakan salah satu kegiatan dalam tahapan penyusunan dokumen RKP Desa. 

Tim verifikasi yang dibentuk tersebut disesuaikan dengan jenis kegiatan dan keahlian yang dibutuhkan. Hal ini sebagaimana dijelaskan Pasal 32 ayat (1) Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa, yang berbunyi:

Musyawarah Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 31 melaksanakan kegiatan sebagai berikut: 
a. mencermati ulang dokumen RPJM Desa; 
b. menyepakati hasil pencermatan ulang dokumen RPJM Desa; dan 
c. membentuk tim verifikasi sesuai dengan jenis kegiatan dan keahlian yang dibutuhkan.
Hasil kesepakatan dalam Musyawarah Desa (Musdes) RKPDes yang salah satunya mengenai pembentukan Tim Verifikasi RKP Desa kemudian dituangkan dalam Berita Acara. Berita Acara ini kemudian dijadikan pedoman dalam menyusun RKP Desa. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam Pasal 32 ayat (3) dan (4) Permendagri No. 114 Tahun 2014, yang berbunyi:
Hasil  kesepakatan  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (1),  dituangkan dalam berita acara. (Ayat 3). 
Berita  acara  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (2),  menjadi  pedoman kepala Desa  dalam menyusun RKP Desa. (Ayat 4)
Contoh SK Tim Verifikasi RKP Desa format Doc dan PDF, Tugas tim verifikasi RKP Desa, Unsur tim verifikasi RKP Desa, Jumlah Anggota tim verifikasi RKP Desa, dan Dokumen-Dokumen yang perlu diverifikasi oleh Tim
Tim Verifikasi RKP Desa : Contoh SK, Tugas, Unsur, Jumlah Anggota, dan Dokumen yang Diperiksa

Tugas Tim Verifikasi RKP Desa

Apa saja tugas dan fungsi (Tupoksi) Tim Verifikasi RKP Desa? Berikut ini Tugas Tim Verifikasi RKP Desa, diantaranya:
  • Memeriksa keberadaan dokumen rancangan RKP Desa yang disusun oleh Tim Penyusun RKP Desa;
  • Memeriksa dan menilai kelayakan persyaratan kegiatan rancangan RKP Desa yang disusun oleh Tim Penyusun RKP Desa;
  • Melaporkan hasil verifikasi RKP Desa kepada Kepala Desa; dan
  • Menyampaikan laporan hasil verifikasi RKP Desa kepada masyarakat melalui forum Musrenbangdes.
Keterangan:
  • Dokumen rancangan RKPDes dibuatkan daftar dan cek list sesuai lampiran Permendagri  No. 114 Tahun 2014 berdasarkan bidang kegiatan, nama kegiatan dan lokasi kegiatan.
  • Penilaian  dibuatkan daftar  dan cek list  sesuai  lampiran Permendagri  No. 114 Tahun 2014 berdasarkan bidang kegiatan, nama kegiatan dan lokasi kegiatan. 

Dokumen yang diperiksa oleh Tim Verifikasi RKP Desa

Apa saja dokumen-dokumen verifikasi yang digunakan dan diperiksa oleh Tim Verifikasi RKP Desa? Berikut ini daftar dokumen yang diperiksa dan dinilai oleh Tim Verifikasi RKP Desa meliputi :
  1. Sketsa lokasi kegiatan;
  2. Dokumen survey teknis;
  3. Gambar desain;
  4. Perhitungan volume;
  5. Survey harga bahan dan alat;
  6. Kesepakatan pembayaran upah pekerja;
  7. Perhitungan RAB (Rencana Anggaran Biaya);
  8. Kajian sederhana mengenai dampak lingkungan;
  9. Pernyataan hibah lahan dari masyarakat (jika ada);
  10. Pernyataan kesanggupan tidak minta ganti rugi (jika ada);
  11. Kesanggupan swadaya dan gotong royong (jika dibutuhkan);
  12. Rencana penggunaan alat berat (jika dibutuhkan);
  13. Pernyataan  kesiapan  warga  untuk  mendukung  pelaksanaan kegiatan;
  14. Data Pemanfaat langsung.

Unsur Tim Verifikasi RKP Desa

Unsur-unsur apa saja yang dapat menjadi Tim Verifikasi RKP Desa? Berikut ini syarat/kriteria unsur Tim Verifikasi RKP Desa, meliputi:
  • Warga  masyarakat Desa;
  • Satuan Kerja Perangkat Daerah/Dinas Terkait; dan
  • Pendamping  Teknis  Profesional/Konsultan
Keterangan:
Diutamakan yang memiliki pengalaman sesuai dengan jenis kegiatan dan waktu luang untuk dapat melaksanakan tugas sebagai Tim Verifikasi RKPDes.

Jumlah Anggota Tim Verifikasi RKP Desa

Berapa jumlah anggota atau keanggotaan Tim Verifikasi RKP Desa? Jika mengacu pada Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa, tidak sebutkan dengan jelas berapa jumlah anggota Tim Verifikasi. 

Menurut hemat Kami, menyangkut jumlah anggota atau Susunan Tim Verifikasi tersebut dapat mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup) di Daerah Anda dan juga disesuaikan dengan keahlian yang dibutuhkan dan jenis kegiatan. 

Contoh SK Tim Verifikasi RKP Desa

Berita Acara Hasil kesepakatan Musdes yang salah satunya mengenai Pembentukan Tim Verifikasi RKP Desa menjadi dasar bagi Kepala Desa untuk menetapkan Surat Keputusan (SK) Kepala Desa tentang Pembentukan Tim Verifikasi RKP Desa. 

Apakah Anda sedang mencari SK Tim Verifikasi RKP Desa 2023 terbaru? Berikut ini contoh SK Tim Verifikasi RKP Desa yang dapat Anda download (unduh) secara gratis. Silahkan download melalui link berikut ini:





Silahkan Anda download contoh file SK yang sudah Kami sediakan tersebut. Jika ada kendala tolong beritahu Kami. Kami akan segera membantu Anda.

Begitu juga jika ada masukan, saran, pertanyaan, kritikan yang membangun atau apapun itu sepanjang untuk kemajuan desa. Silahkan salurkan melalui kolom komentar di bawah artikel ini. 


Cek juga: 
Demikian review mengenai Tim Verifikasi RKP Desa: Tugas, Unsur, Jumlah Anggota (Susunan Keanggotaan), dan Contoh SK-Nya, serta Dokumen-dokumen yang Ia periksa. Semoga berguna untuk Anda semua, khususnya Para Verifikator RKP Desa dimana pun Anda berada. 
Terima kasih telah membaca artikel di Web-Blog FORMAT ADMINISTRASI DESA yang berjudul: Tim Verifikasi RKP Desa : Contoh SK, Tugas, Unsur, Jumlah Anggota, dan Dokumen yang Diperiksa. Konten tersebut mengulas tentang Tim Verifikasi RKP Desa: Tugas, Jumlah Anggota, Unsur, Contoh SK-Nya (Doc/Word dan PDF), dan Dokumen yang diperiksa oleh Tim Verifikasi RKPDes. ...

Silahkan bagikan artikel ini ke media sosial kamu, jika memang dirasa dapat memberi manfaat kepada orang lain. Terima kasih!
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget