Format Buku Administrasi Pemerintahan Desa Terbaru (Download)

Apa yang dimaksud dengan Administrasi Pemerintahan Desa? Administrasi Pemerintahan Desa adalah keseluruhan proses kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai Pemerintahan Desa pada Buku Register Desa.

Siapa-siapa saja yang berperan dalam Administrasi Pemerintahan Desa? Yang berperan dalam proses pencatatan data dan informasi mengenai pemerintahan desa adalah Pemerintah Desa, BPD dan Lembaga Kemasyarakatan Desa.  

Tata kelola buku tentang pemerintahan desa atau penataan administrasi pemerintahan desa (administrasi Pemerintah Desa, administrasi BPD atau administrasi Lembaga Kemasyarakatan Desa) sangat berkaitan erat dengan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan di desa (F. Lembong, 2017 - ejournal.unsrat.ac.id). Untuk itu, pemahaman mengenai format-format administrasi pemerintahan desa menjadi penting dalam implementasi penataan administrasi desa yang baik dan efektif.

Jenis Jenis Buku Administrasi Pemerintahan Desa



[Format Administrasi Pemerintahan Desa]
Buku-Buku Administrasi Pemerintahan Desa Terbaru

Menurut Permendagri Nomor 47 Tahun 2016 tentang Administrasi Pemerintahan Desa, jenis-jenis Buku Administrasi Pemerintahan Desa, diantaranya :
  1. Administrasi Umum
  2. Administrasi Penduduk
  3. Administrasi Keuangan
  4. Administrasi Pembangunan
  5. Administrasi Lainnya (BPD Dan Lembaga Kemasyarakatan Desa)

Administrasi Umum

Administrasi Umum adalah pencatatan data dan informasi mengenai kegiatan pemerintahan Desa pada Buku Administrasi Umum. Kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai kegiatan-kegiatan Pemerintahan Desa dimuat dalam Administrasi Umum.

Sebagai bagian dari Buku Administrasi Desa, apa saja Administrasi Umum yang ada di Desa? Administrasi Umum yang berlaku di Desa, meliputi :
  • Buku Peraturan Di Desa;
  • Buku Keputusan Kepala Desa;
  • Buku Inventaris dan Kekayaan Desa;
  • Buku Aparat Pemerintah Desa;
  • Buku Tanah Kas Desa;
  • Buku Tanah di Desa;
  • Buku Agenda;
  • Buku Ekspedisi; dan
  • Buku Lembaran Desa dan Buku Berita Desa.

Download Buku Administrasi Umum Desa Dan Cara Pengisiannya

Administrasi Penduduk

Administrasi Penduduk adalah kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai kependudukan pada Buku Administrasi Penduduk. Kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai kependudukan di Desa baik mengenai penduduk sementara, penambahan dan pengurangan penduduk maupun perkembangan penduduk dimuat dalam administrasi penduduk.

Sebagai salah satu dari buku tentang administrasi desa, Apa saja Administrasi Penduduk yang ada di Desa? Administrasi Penduduk atau Administrasi Kependudukan yang berlaku di Desa, meliputi :
  • Buku Induk Penduduk;
  • Buku Mutasi Penduduk Desa;
  • Buku Rekapitulasi Jumlah Penduduk;
  • Buku Penduduk Sementara; dan
  • Buku Kartu Tanda Penduduk dan Buku Kartu Keluarga.
Silahkan download gratis (tak dipungut harga), pada link download berikut ini:

Download Buku Administrasi Penduduk Desa Dan Cara Pengisiannya

Administrasi Keuangan

Administrasi Keuangan adalah kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai pengelolaan keuangan Desa pada Buku Administrasi Keuangan. Kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai pengelolaan keuangan Desa dimuat dalam Administrasi Keuangan Desa.

Apa saja Administrasi Keuangan yang ada di Desa? Administrasi Keuangan yang berlaku di Desa, meliputi :
  • Buku APBDes;
  • Buku Rencana Anggaran Biaya;
  • Buku Kas Pembantu Kegiatan;
  • Buku Kas Umum;
  • Buku Kas Pembantu; dan
  • Buku Bank Desa.

Download Buku Administrasi Keuangan Desa Dan Cara Pengisiannya

Administrasi Pembangunan

Administrasi Pembangunan adalah kegiatan pencatatan data dan informasi pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat pada Buku Administrasi Pembangunan. Kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dimuat dalam Administrasi Pembangunan.

Apa saja Administrasi Pembangunan yang ada di Desa? Administrasi Pembangunan yang berlaku di Desa, meliputi :
  • Buku Rencana Kerja Pembangunan Desa;
  • Buku Kegiatan Pembangunan;
  • Buku Inventarisasi Hasil-hasil Pembangunan; dan
  • Buku Kader Pendampingan dan Pemberdayaan Masyarakat.

Download Buku Administrasi Pembangunan Desa Dan Cara Pengisiannya

Administrasi Lainnya

Administrasi lainnya adalah kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pelaksanaan Pembangunan Desa, pembinaan Kemasyarakatan Desa, dan pemberdayaan Masyarakat Desa, selain dalam administrasi umum, administrasi penduduk, administrasi keuangan, dan administrasi pembangunan. Kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat selain dalam administrasi umum, administrasi penduduk, administrasi keuangan, dan administrasi pembangunan dimuat dalam Buku Administrasi Lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Apa saja Administrasi Pembangunan yang ada di Desa? Administrasi Pembangunan yang berlaku di Desa, meliputi :
  • Kegiatan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam buku administrasi Badan Permusyawaratan Desa;
  • Kegiatan musyawarah Desa dalam buku  musyawarah Desa; dan 
  • Kegiatan Lembaga Kemasyarakatan Desa/Lembaga Adat dalam buku Lembaga Kemasyarakatan Desa/Lembaga Adat.

Download Contoh Format Dan Cara Pengisian Buku Administrasi Lainnya

Format administrasi pemerintahan desa ini adalah diolah dari :
  1. Download Permendagri Nomor 47 Tahun 2016 Tentang Administrasi Pemerintahan Desa
  2. Download Lampiran Permendagri Nomor 47 Tahun 2016 Tentang Administrasi Pemerintahan Desa
  3. Kumpulan Permendagri tentang Desa 
Itulah penjelasan singkat mengenai kumpulan buku tentang administrasi desa yang merupakan salah satu buku tentang pemerintahan desa menurut Permendagri.

Untuk contoh cover atau contoh desain sampul buku, akan kami ulas pada artikel selanjutnya.

Demikian ulasan format administrasi pemerintahan desa terbaru sesuai permendagri nomor 47 tahun 2016 tentang administrasi pemerintahan desa. Semoga kumpulan buku-buku tentang administrasi tersebut bermanfaat untuk Anda semua. 

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Format Administrasi Desa - Portal Referensi dan Preferensi Desa Se-Indonesia.

[info title="MAU ORDER BUKU ADMINISTRASI DESA (SIAP CETAK)?" icon="info-circle"]Khusus sobat Desa di seluruh penjuru Indonesia, yang ingin memesan buku administrasi desa edisi terbaru dengan harga murah. Lengkap dengan petunjuk cara pengisiannya sesuai Permendagri 47/2016. Silahkan langsung hubungi Admin Blog Format Administrasi Desa melalui Kontak WhatsApp dibawah ini (KLIK):[/info]
Terima kasih telah membaca artikel di Web-Blog FORMAT ADMINISTRASI DESA yang berjudul: Format Buku Administrasi Pemerintahan Desa Terbaru (Download). Konten tersebut mengulas tentang format administrasi pemerintahan desa, buku administrasi pemerintahan desa administrasi pemerintahan desa ppt administrasi pemerintahan desa adalah.

Silahkan bagikan artikel ini ke media sosial kamu, jika memang dirasa dapat memberi manfaat kepada orang lain. Terima kasih!
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget