Contoh Daftar Inventarisir Potensi Desa

Daftar Inventarisir Potensi adalah daftar isian kegiatan inventarisasi atau memperoleh data dan informasi mengenai potensi Desa.

Kegiatan menginventarisir potensi yang ada di Desa merupakan salah satu rangkaian dalam kegiatan pelaporan hasil pengkajian keadaan desa dalam rangka penyusunan rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJMDes).

Selain itu disebutkan dalam Pasal 17 ayat (1) Permendes 17 Tahun 2019 tentang Pedoman Umum Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa bahwa:

(1) Laporan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 16 ayat (7) terdiri atas:

a. daftar rencana program dan kegiatan yang masuk ke Desa;

b. daftar inventarisir potensi;

c. daftar inventarisir masalah;

d. daftar gagasan dusun/kelompok; dan

e. rekap gagasan dusun/kelompok.

Baca : Apa yang dimaksud dengan Profil Desa dan Profil Kelurahan?

Maka dengan kalimat lain dapat diartikan, bahwa daftar inventarisir potensi adalah bagian dari laporan hasil kegiatan pengkajian keadaan desa.

Siapa yang melaksanakan atau menyusun kegiatan inventarisasi potensi desa dan mengisi daftar inventarisir potensi desa?

Tim Penyusun RPJM Desa.

Cek juga: Contoh SK Tim Penyusun RPJM Desa

Dalam format Daftar inventarisir potensi yang Kami bagikan ini terdapat 4 (empat) kolom yang terdiri dari:

  • kolom nomor
  • kolom potensi
  • kolom lokasi
  • kolom keterangan

Bagaimana cara mengisi atau panduan pengisiannya?

  • kolom nomor diisi dengan nomor urut;
  • kolom potensi diisi dengan nama material SDA/nama SDSM
  • kolom lokasi diisi dengan tempat potensi
  • kolom keterangan diisi dengan pemilik potensi

Daftar inventarisasi potensi ini sudah dibuat/disusun dan ditandatangani oleh Ketua Tim Penyusun RPJM Desa dan mengetahui Kepala Dusun/Kelompok.

Bagaimana contoh daftar inventarisir potensi Desa? Baik dalam bentuk format Excel (xls) maupun PDF?

Jika Anda memerlukannya.

Silahkan download secara gratis melalui link download dibawah ini:

Contoh Daftar Inventarisir Potensi Desa Excel

atau:

Contoh Format Daftar Inventarisasi Potensi Desa PDF

Lihat juga :Contoh Format Profil Desa dan Kelurahan (Prodeskel)

Keterangan: Jika ada kendala dalam proses download (unduh) atau file list inventaris yang Kami bagikan error. Silahkan hubungi Kami.

Sampaikan lewat kolom komentar dibawah artikel ini atau melalui saluran kontak yang sudah Kami sediakan di website format-administrasi-desa.blogspot.com ini.

Untuk contoh format perencanaan pembangunan desa dan kawasan perdesaan lainnya akan Kami posting pada kesempatan berikutnya.

Demikian ulasan tentang Contoh Daftar Inventarisir Potensi Desa. Semoga penjelasan singkat dan contoh format Excel (Xls) dan PDF yang Kami lampirkan tersebut berguna untuk Anda.

Terima kasih telah membaca artikel di Web-Blog FORMAT ADMINISTRASI DESA yang berjudul: Contoh Daftar Inventarisir Potensi Desa. Konten tersebut mengulas tentang Daftar Inventarisir Potensi adalah daftar isian kegiatan inventarisasi atau memperoleh data dan informasi mengenai potensi Desa. Kegiatan menginventarisir potensi yang ada di Desa merupakan salah satu rangkaian dalam kegiatan pelaporan hasil pengkajian keadaan desa dalam rangka penyusunan rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJM Desa). Selain itu disebutkan dalam Pasal 17 ayat (1) Permendes 17 Tahun 2019 tentang Pedoman Umum Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa bahwa: (1) Laporan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 16 ayat (7) terdiri atas: a. daftar rencana program dan kegiatan yang masuk ke Desa; b. daftar inventarisir potensi; c. daftar inventarisir masalah; d. daftar gagasan dusun/kelompok; dan e. rekap gagasan dusun/kelompok. Maka dengan kalimat lain dapat diartikan, bahwa daftar inventarisir potensi adalah bagian dari laporan hasil kegiatan pengkajian keadaan desa..

Silahkan bagikan artikel ini ke media sosial kamu, jika memang dirasa dapat memberi manfaat kepada orang lain. Terima kasih!
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget