Contoh RAB Pilkades Terbaru

RAB Pilkades - Apakah Anda sedang mencari contoh RAB Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) terbaru dalam bentuk format excel, doc (word), maupun PDF?

Salah satu Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) yang wajib dibuat/disusun oleh Pelaksana Kegiatan Anggaran (PKA) adalah Rencana Anggaran Biaya, atau disingkat RAB. Artikel ini mencoba mengulas kumpulan contoh RAB Pilkades berbasis aplikasi microsoft excel (xls), Doc (Word), dan PDF. 

Seperti biasa, artikel "Contoh RAB Pilkades 2021" ini adalah hasil/jawaban Blog format-administrasi-desa.blogspot.com kepada Sobat Desa yang sudah request. Yakni, untuk Sobat Desa dari Klaten Jawa Tengah dan Tulungagung Jawa Timur.

Jadi, jika Sobat Desa memiliki usulan, saran, masukan, atau kritikan yang konstruktif lainnya terkait administrasi Pilkades. Silahkan sampaikan kepada Kami. Tentu itu sangat Kami apresiasi. Dan akan Kami jadikan pertimbangan untuk topik artikel selanjutnya.

Artikel ini mencoba memberikan highlight atau gambaran umum mengenai:
Apa itu RAB Pilkades? Bagaimana Prosedur/Mekanisme Penyusunan atau Pembuatan RAB Pilkades? Siapa PKA yang ditugaskan untuk menyusun RAB ini sesuai Peraturan Perundang-undangan? Dan bagaimana contoh format-Nya?

Apa itu RAB Pilkades? Dan Bagaimana Prosedur Penyusunan-nya?

RAB Pilkades adalah rencana anggaran biaya yang merinci satuan harga untuk setiap jenis dan objek belanja pada kegiatan Pemilihan Kepala Desa atau disingkat Pilkades.

Kita tahu bersama, setelah Perdes tentang APBDes dan Perkades tentang Penjabaran APBDes ditetapkan, maka Kepala Desa menugaskan Kaur dan Kasi Pelaksana Kegiatan Anggaran (PKA) sesuai tugasnya untuk menyusun DPA dalam waktu paling lama 3 (tiga) hari kerja sejak regulasi desa tersebut ditetapkan. (Lihat Pasal 45 ayat 1, Permendagri 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa).

Lalu, apakah program/rencana kerja panitia Pilkades itu termasuk RAB itu sendiri? Tidak, RAB Pilkades menguraikan secara rinci dan teknis tentang satuan harga pada setiap jenis dan objek belanja kegiatan Pilkades. Sedangkan program/rencana kerja Pilkades termasuk dalam dokumen Rencana Kerja Kegiatan Desa (RKKD), yang secara umum menjelaskan lokasi, volume, biaya, sasaran, waktu pelaksanaan kegiatan, pelaksana kegiatan anggaran, dan tim yang melaksanakan kegiatan Pilkades. 

Karena itu, khusus untuk contoh program kerja panitia pemilihan kepala desa akan diulas pada artikel selanjutnya.

Siapa PKA Kegiatan Pilkades?

Untuk menentukan siapa PKA (baca juga: dulu disebut PK/Pelaksana Kegiatan) yang ditugaskan untuk menyusun rincian-rincian belanja pada RAB Pilkades, maka kita perlu sesuaikan dengan tugas dan fungsi-nya (tupoksi). 

Secara umum, sesuai tupoksi-nya dalam SOTK Desa terbaru yang diatur dalam Permendagri 84 Tahun 2015, PKA untuk kegiatan ini adalah Kepala Seksi Pemerintahan, atau biasa disingkat Kasi Pemerintahan. Namun demikian PKA tersebut dapat dibantu oleh Tim Pengadaan Barang dan Jasa (TPBJ)/Tim Pengelola Kegiatan (TPK), atau biasa disebut Panitia Pilkades.

Terkait dengan sumber anggaran Pilkades Serentak maupun Pilkades Antar Waktu (PAW). Anda bisa lihat pada artikel berikut ini.

Kumpulan RAB Pilkades

Lebih lanjut, untuk Sobat Desa yang membutuhkan kumpulan uraian rincian Contoh RAB (bill of quantity example/BOQtersebut.  Silahkan Anda unduh/download RAB Pilkades pada link download berikut ini:
Cek selengkapnya: Kumpulan Contoh RAB (Lengkap)

Catatan: Didalam file RAB tersebut memiliki beberapa contoh RAB Pilkades dalam bentuk format Excel (xls), PDF, maupun Doc (Word). Kumpulan file RAB Pilkades tersebut disatukan dalam 1 file WinRar. Jadi ketika Sobat Desa sudah berhasil mendownload file nya. Jangan lupa di-ekstrak.

Silahkan Anda download (unduh) gratis (free) file BOQ tersebut. Dalam format kali ini, Sobat Desa tidak perlu memasukkan password, karena Kami tidak memasang password di contoh RAB Kegiatan tersebut. 

Untuk tipe file nya Kami sengaja membuat 3 jenis file, yakni Excel, PDF, dan Microsoft Word (Doc). Lebih aplikatif dan variatif. Jadi terserah Sobat Desa saja mau download yang mana. Kalau tidak mau repot, download saja semuanya.

Catatan: Untuk besaran satuan harga barang/jasa dan volume satuan-nya dalam RAB, silahkan merujuk pada Standar Harga atau Standarisasi harga barang dan jasa yang berlaku di Kabupaten/Kota Anda. Contoh RAB ini hanyalah contoh saja. Sobat Desa dapat mengembangkannya.

Apa dasar pelaksanaan Pilkades? Secara teknis pelaksanaan Pilkades mengacu pada Permendagri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa juncto Permendagri Nomor 65 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa. 

Cek juga: Kumpulan Permendagri tentang Desa

Selain itu, dasar penyelenggaraan Pilkades juga mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) tentang Pilkades, dan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pilkades.

Secara umum, RAB adalah salah satu DPA yang sangat penting dan dijadikan sebagai pedoman/standar pelaksanaan kegiatan di Desa oleh PKA/Tim Pengelola Kegiatan (TPK)/Tim Pengadaan Barang/Jasa (TPBJ)/ Panitia Pilkades.

Meskipun begitu memang harus diakui, dokumen RAB yang mengacu pada APBDes awal tersebut, juga tidak menutup kemungkinan adanya perubahan. Sesuai sop/mekanisme pengelolaan keuangan desa, RAB Perubahan disusun oleh PKA dalam hal terjadi perubahan Peraturan Desa tentang APBDes dan/atau Perubahan Peraturan Kepala Desa tentang Penjabaran APBDes yang menyebabkan perubahan anggaran kegiatan (PAK) dan/atau terjadinya perubahan kegiatan. 

Cek juga: Pilkades Adalah

Jika Anda membutuhkan contoh kelengkapan bukti transaksi pembayaran pengadaan barang/jasa atau Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Kegiatan Pilkades. Dan untuk contoh form RAB Konstruksi (bill of quantity for construction) lainnya. Mudah-mudahan dapat Kami review pada artikel berikutnya. 

Untuk itu, Kami sangat sarankan Anda silahkan "SUBSCRIBE" (ada diatas) dan "BERLANGGANAN GRATIS" (ada dibawah artikel ini). 


Untuk apa? Bukan saja gratis sih. Dengan Anda Subscribe dan Berlangganan Gratis, Anda akan mendapatkan pemberitahuan (notification) artikel-artikel terbaru dari Kami langsung melalui Handphone atau Laptop Anda maupun via Email Anda. It's simple guys!

Untuk contoh format administrasi Pilkades, proposal Pilkades, Aplikasi Pilkades, tahapan Pilkades, Laporan Panitia Pilkades, contoh hasil rapat koordinasi Panitia Pilkades, dan sistem pengelolaan keuangan desa lainnya, silahkan Anda cari sesuka Anda. Ada ratusan contoh form dan file yang dapat Sobat Desa download dengan mudah. Okay?

BAGIKAN LINK ARTIKEL INI KE SOBAT DESA YANG MEMBUTUHKAN!

BERITAHU KAMI APAPUN ITU, JIKA ADA HAL-HAL YANG INGIN SOBAT DESA SAMPAIKAN!

Cek juga: Visi Misi Kepala Desa [TERBARU]

Demikian review mengenai Contoh RAB Pilkades [Aplikasi Excel, Word, dan PDF] yang merupakan salah satu RAB Penyelenggaraan Pemerintahan Desa

Semoga bermanfaat untuk Anda semua, khususnya bagi Panitia Pilkades atau Perangkat Desa ditugaskan untuk membuat RAB ini, baik secara Manual maupun via Aplikasi Siskeudes. Dan semoga pelaksanaan Pilkades di tempat Anda berjalan dengan lancar.

Jangan lupa tinggal "KOMENTAR" Anda di bawah artikel ini. 
Terima kasih telah membaca artikel di Web-Blog FORMAT ADMINISTRASI DESA yang berjudul: Contoh RAB Pilkades Terbaru. Konten tersebut mengulas tentang RAB Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) - Apakah Anda sedang mencari contoh RAB Pilkades terbaru dalam bentuk format excel, doc (word), maupun PDF? Download Gratis File nya.

Silahkan bagikan artikel ini ke media sosial kamu, jika memang dirasa dapat memberi manfaat kepada orang lain. Terima kasih!
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget