Contoh Format APBDes (APB Desa) Tahun 2023 Excel-Word-Pdf | FORMAT ADMINISTRASI DESA -->

Contoh Format APBDes (APB Desa) Tahun 2023 Excel-Word-Pdf

Apakah Anda Mencari Contoh Format Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2023?

Siapa yang menyusun, membahas, menyepakati dan menetapkan rancangan perdes APBDes 2023 beserta lampiran-nya? Kapan dan dimana draft APBDes 2023 ditetapkan? Apa perbedaan format APBDes 2023 dengan format APBDes tahun sebelumnya? Bagaimana cara menyusun atau struktur penyusunan dokumen APBDes 2023? Apakah ada contoh konsideran Raperdes beserta postur APBDes 2023 dalam bentuk word (doc), excel (xls) atau pdf sesuai Permendagri Nomor 20 Tahun 2018? Pertanyaan-pertanyaan itu yang akan dijawab dalam artikel ini. 


[Format APBDes Tahun 2019]
Gambar : APBDes 2019
APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) Tahun Anggaran 2023 merupakan dokumen rencana keuangan pemerintah desa untuk tahun anggaran 2023, yang ditetapkan paling lambat tanggal 31 Desember 2018. Dokumen APB Desa juga menjadi dasar atau pedoman pelaksanaan anggaran kegiatan di desa bagi pemerintah desa, pelaksana kegiatan, inspektorat dan pihak-pihak terkait lainnya.


Penyusunan, pembahasan dan penetapan APBDes tahun 2023 mengacu pada Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) Tahun 2023 yang sudah disusun dan ditetapkan sebelumnya. Cara menyusun atau struktur penyusunan APBDes 2023 secara teknis mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa dan Perbup Pengelolaan Keuangan Desa. Inilah yang membedakan penyusunan APBDes tahun 2023 dengan tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga : Format LPPD dan LKPPD terbaru


Draft rancangan Perdes APB Desa (Raperdes) tahun anggaran 2023 disusun oleh Organisasi Pemerintahan Desa, yakni Pemerintah Desa dan BPD. Rancangan APBDes itu kemudian dibahas secara bersama-sama oleh Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Setelah Pemerintah dan BPD bersepakat atau menyetujui secara bersama-sama, maka selanjutnya ditetapkan menjadi Perdes APBDes 2023 oleh Kepala Desa.  Dan nantinya, Perdes APBDes 2023 ini menjadi dasar bagi Kepala Desa untuk menetapkan Peraturan Kepala Desa (Perkades) tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) Tahun Anggaran 2023.  

Bagi Anda sedang mencari contoh format rancangan Perdes APBDes tahun 2023 (terbaru) beserta lampiranya , silahkan download contoh format APBDes tahun anggaran 2023 dalam bentuk excel (xls), word (doc) atau pdf dibawah ini :

1. Perdes APBDES 2023. Xls/Doc/pdf 

[Link 1] [Link 2]


2. Lampiran Postur/Rincian APBDES 2023. Xls/Doc/pdf

[Link 1] [Link 2]


Silahkan download gratis contoh format draft rancangan Perdes APBDes Tahun 2023 beserta lampirannya diatas. Untuk cara download nya biar mudah, silahkan baca Cara Mudah Download Di Blog Format Administrasi Desa. (PENTING)



Saran saya, Ikuti panduan download itu langkah demi langkah (step by step) supaya bisa dengan mudah mendapatkan filenya dengan gratis (free). 


Selain format APBDes 2023 diatas, saya juga merekomendasikan Anda untuk mendownload juga :
Aplikasi APBDes Excel 2023 Disertai RAB [LENGKAP]  [New]

Untuk contoh format-format administrasi desa lainnya dapat Anda cari melalui kolom pencarian (search), daftar menu atau yang lainnya. 


Jika berbagi itu baik, bagikanlah artikel ini ke Sobat-sobat Desa lainnya. Semoga bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih sudah berkunjung.

Salam dari Desa -  Format Administrasi Desa (***)
Terima kasih telah membaca artikel di Web-Blog FORMAT ADMINISTRASI DESA yang berjudul: Contoh Format APBDes (APB Desa) Tahun 2023 Excel-Word-Pdf. Konten tersebut mengulas tentang Siapa yang menyusun, membahas, menyepakati dan menetapkan rancangan perdes APBDes 2019 beserta lampiran-nya? Kapan dan dimana draft APBDes 2019 ditetapkan? Apa perbedaan format APBDes 2019 dengan format APBDes tahun sebelumnya? Bagaimana cara menyusun atau struktur penyusunan dokumen APBDes 2019? Apakah ada contoh konsideran Raperdes beserta postur APBDes 2019 dalam bentuk word (doc), excel (xls) atau pdf sesuai Permendagri Nomor 20 Tahun 2018?.

Silahkan share artikel ini ke media sosial kamu, jika memang dirasa dapat memberi manfaat kepada orang lain. Terima kasih!

Posting Komentar

Berkomentarlah Sepuas Anda, Santun dan Relevan BY ADMIN FORMAT ADMINISTRASI DESA

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget